Pendapat Bloom Tentang Tujuan Pendidikan

Bloom mengungkapkan, bentuk prilaku sebagai tujuan pendidikan yang harus dirumuskan dapat diklasifikasika dalam 3 domain yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.
a. Domain kognitif adalah tujuan pendidikan yang berhubungan dengan kemampuan intelektual atau kemampuan berpikir seperti kemampuan mengingat dan kemampuan memecahkan masalah yang terdiri dari 6 tingkatan yakni pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi;
b. Domain afektif berkenaan dengan sikap, nilai-nilai dan apresiasi yang memiliki tingkatan penerimaan, respon, dan menghargai;
c. Domain psikomotorik meliputi semua tingkah laku yang menggunakan syaraf dan otot badan yang biasanya berhubungan dengan bidang studi yang lebih banyak menekankan pada gerakan-gerakan atau keterampilan.
Sanjaya (2013) dalam bukunya menerangkan tingkatan tujuan kognitif yaitu sebagai berikut.
a. Tiga tingkatan tujuan kognitif yang pertama yakni pengetahuan, pemahaman dan aplikasi dikatakan tujuan kognitif tingkat rendah. Dikatakan tujuan tingkat rendah, oleh karena tujuan kognitif ini hanya sebatas kemampuan untuk mengingat, mengungkapkan apa-apa yang diingatnya serta menerapkan sesuai dengan aturan-aturan tertentu yang sifatnya pasti;
b. Tiga tingkatan berikutnya yaitu analisis, sintesis dan evaluasi dikatakan sebagai tujuan kognitif tingkat tinggi. Tujuan kognitif tingkat tinggi seperti menganalisis dan menyintesis bukan saja hanya berupa kemampuan mengingat akan tetapi didalamnya termasuk kemampuan berkreasi dan kemampuan mencipta.
Tingkatan tujuan koognitif menurut Bloom, yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Klasifikasi tujuan menurut Bloom sifatnya berjenjang, artinya setiap tujuan yang ada di bawahnya merupakan persyaratan untuk tujuan berikutnya. Oleh sebab itu, tujuan yang berhubungan dengan pengetahuan merupakan tujuan yang paling rendah; sedangkan kemampuan mengevaluasi dalam aspek kognitif merupakan tujuan tertinggi.
Sumber Rujukan :
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar