Revisi Tujuan Pendidikan Bloom oleh Anderson
Yang menarik aspek pengetahuan (knowledge) dari tingkatan kognitif menjadi aspek knowledge (pengetahuan) secara tersendiri menjadi 4 aspek pengetahuan, yakni:
1. Pengetahuan tentang fakta (factual knowledge)
2. Pengetahuan tentang konsep (conceptual knowledge)
3. Pengetahuan tentang prosedur (procedural knowledge)
4. Pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge)
Dari uraian di atas, maka perbaikan (revisi) dalam dimensi kognitif di antaranya meliputi:
1. Adanya penggantian posisi tingkatan yakni evaluasi yang pada awalnya ditempatkan pada posisi puncak menjadi posisi kelima mengganti tingkatan sintesis yang diganti dengan mencipta (create) sebagai tingkatan aspek kognitif yang paling tinggi.
2. Mengeluarkan aspek pengetahuan (knowledge) dari tingkatan kognitif digantikan dengan mengingat (remember); sedangkan pengetahuan itu sendiri dijadikan aspek tersendiri yang harus menaungi enam tingkatan meliputi pengetahuan (knowledge) tentang fakta, konsep, procedural dan pengetahuan metakognitif.
3. Dimensi kognitif yang enam tingkatan diubah dari kata benda menjadi kata kerja yakni yang asalnya pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi menjadi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Sumber Rujukan :
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar